8 Fakta-Fakta Menarik Tentang Bulan

Ketika malam tiba tentunya kita sering menjumpai adanya bulan. Bulan adalah salah satu dari benda langit yang muncul bersama bintang menerangi gelapnya malam hari. Bulan yang menghiasi dan menyinari langit membuat langit semakin indah. Mari kita cari fakta tentang bulan. Berikut fakta-fakta menarik tentang bulan adalah:

1. Bulan Terbentuk Dari Adanya Tabrakan Eksplosif

Menurut situs National Geographic, bulan ini diyakini terbentuk ketika peristiwa ledakan antara proto Bumi yang bertabrakan dengan sebuah objek yang berukuran sama seperti planet Mars.

Dan dari tabrakan tersebut puing-puing pun terlempar ke luar angkasa dan menyatu lalu membentuk bulan. Hal ini terjadi ketika 4.5 miliar tahun yang lalu. Tabrakan ini terjadi diyakini 100 juta kali lebih besar dari kejadian yang memusnahkan habitat dinosaurus.

2. Bulan Satelit Alami Bumi

Menurut laman NASA, Bulan merupakan satu-satunya satelit Bumi yang sudah ada secara alami. Dimana benda luar angkasa ini mengitari Bumi di jarak sekitar 385.000 km yang setara dengan 30 diameter Bumi.

3. Bulan Berukuran Lebih Kecil Dari Bumi

Bulan memiliki ukuran yang lebih kecil dari Bumi. Dimana ukuran Bulan berkisar seperempat diameter Bumi. Untuk diameter bulan sekitar 3.475 km. Dimana jika melihat luas permukaannya, bulan mencangkup 1/16 dari total luas permukaan Bumi. Dan untuk massa, maka bulan memiliki 1.2% massa Bumi.

4. Suhu Bulan

Bulan memiliki suhu yang bervariasi. Ketika siang hari bulan memiliki suhu yang memuncak yakni diantara 127 derajat celcius hingga 134 derajat celcius. Sedangkan untuk malam hari memiliki suhu yang sangat tinggi yakni -153 derajat celcius hingga -173 derajat celcius.

Dan ada juga dibeberapa titik dekat kawahnya mencapai -240 erajat celcius. Sementara untuk suhu rata-rata di permukaan  bulan yakni antara 107 derajat celcius di siang hari dan -53 derajat celcius untuk suhu di malam hari.

5. Debu Bulan Bau Bubuk Mesiu

Pada permukaan bulan ternyata diselimuti dengan lapisan debu. Debu-debu ini juga ternyata menempel di pakaian para astronot ketika mereka menjelajahi bulan. Lalu  seorang astronot bernama Harrison Jack Schmitt mengatakan jika debu-debu yang berada dibulan ini tercium seperti aroma bubuk mesiu.

Tidak hanya itu, ternyata debu bulan juga dapat menyebabkan beberapa astronot mengalami semacam demam bulan yang memiliki gejala seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang membutuhkan beberapa hari untuk menghilangkannya.

6. Adanya Air Bulan

Pada penjelajahan bulan yang dilakukan oleh India menemukan air yang berada didekat kutub bulan. Lalu NASA menemukan air dibawah permukaan bulan. Air yang ditemukan ternyata tidak banyak, hanya diperkirakan untuk satu meter kubik tanah bulan dapat menghasilkan satu liter saja air.

7. Bulan Menyebabkan Pasang Surut Air Laut

Bulan juga ternyata menyebabkan pasang surut air laut. Hal ini diakibatkan dari tonjolan air yang disebabkan oleh gaya gravitasi bulan. Akan tetapi ternyata pasang surut air laut juga dipengaruhi dengan adanya gaya gravitasi matahari. Namun pasang surut air laut akan lebih kecil jika tanpa bulan.

8. Bulan Memiliki Banyak Pengunjung

Bulan yang merupakan benda luar angkasa satu satunya yang di luar Bumi yang sampai saat ini dikunjungi oleh manusia. Dimulai pada tahun 1950 akhir. Bulan adalah tempat luar angkasa yang ingin dicapai oleh manusia. Lebih dadri 100 pesawat robotic dikirim ke bulan. Dan Sembilan misi berawak berhasil terbang menjelajahi bulan dan kembali lagi.