Ambil Cicilan TV Pakai Kredivo, Gimana Caranya?

Bukan cuma smartphone, alat elektronik rumah tangga seperti TV juga banyak diminati untuk dibeli dengan cara cicilan! Kalau kamu nggak punya kartu kredit pun sekarang bukan lagi hambatan. Sebab, ada layanan kredit online seperti Kredivo yang bisa jadi alternatif terbaik sebagai cara ambil cicilan TV atau barang elektronik yang kamu butuhkan.

Walau di tengah gempuran tayangan hiburan dan film di aplikasi streaming seperti Netflix, Disney+ Hotstar, HBO, yang bisa diakses dari HP dan laptop, TV tetap menjadi alat elektronik wajib yang ada di rumah.

Sebab, adanya TV dapat menambah suasana di rumah jadi lebih hidup dan ramai, walau nggak sepenuhnya ditonton. Apalagi di momen seperti bulan puasa, adanya TV akan menambah semarak berbuka puasa atau menemani saat sahur.

Bukan sekadar TV LED, sekarang Smart TV dan berbagai fitur unggulannya juga tersedia! Alhasil, kamu bisa menyambungkan aplikasi streaming favoritmu dan juga internet ke Smart TV agar bisa menonton dengan maksimal di ruang tamu rumah atau kamar sendiri.

Harga TV LED umumnya berkisar mulai Rp 1,5 jutaan tergantung tipe, spesifikasi, dan juga ukurannya. Begitu juga dengan Smart TV. Nggak cuma bisa dibeli di toko, kamu juga bisa beli online.

Nah, gimana caranya kalau tertarik beli TV pakai aplikasi kredit online kayak Kredivo, bukan kartu kredit?

Gampang, kok! Yuk, coba dengan 5 langkah berikut ini:

Pertama: kamu perlu daftar akun Kredivo

Sebelum ambil cicilan TV pakai Kredivo, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki akses dan akun Kredivo dulu. Syarat pendaftarannya ada 3, yaitu:

  1. Kamu adalah WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Punya pekerjaan dan penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Indonesia.
  4. Khusus jika kamu mau daftar tipe akun Premium yang limitnya bisa sampai Rp 50 juta, maka kamu harus berdomisili di salah satu wilayah ini: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara.

Jika sudah memenuhi syarat di atas, kamu bisa mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk melakukan pendaftaran secara langsung.

Tahap pendaftaran termasuk yang cukup penting. Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan instruksinya dan memastikan mengisi informasi dengan benar. Beberapa data yang perlu diunggah seperti KTP, NPWP, dan foto selfie juga harus dipastikan bisa terbaca dengan jelas dan tidak blur supaya peluang pendaftaran kamu disetujui jadi lebih besar.

Kedua: periksa jumlah limit yang kamu dapat

Kalau pendaftaran sudah selesai, dalam 1×24 jam ke depan kamu akan dapat informasi atau update tentang status akunmu, apakah disetujui atau ditolak. Untuk akun yang disetujui, Kredivo akan langsung memberikan sejumlah limit kredit yang bisa kamu pakai untuk bertransaksi.

Jangan lupa untuk mengecek jumlah limit kalau akun kamu sudah aktif dan disetujui Kredivo, ya. Sebab, limit inilah yang nantinya akan menjadi patokan sekaligus batasan berapa besarnya transaksi yang bisa kamu lakukan.

Ketiga: tentukan tipe TV yang dibutuhkan dan budgetnya sesuai kemampuan

Ada banyak sekali tipe TV yang tersedia. Belum ditambah berbagai brand elektronik ternama juga punya produk dan tipe TV masing-masing. Ada Sharp, Samsung, Toshiba, Panasonic, Sony, Sharp, LG, dan yang lainnya. Harganya juga bervariasi tergantung tipe, ukuran, dan fitur lainnya.

Sebelum ambil cicilan TV, kamu juga perlu menentukan: butuh tipe TV yang seperti apa? Kalau kamu hanya perlu TV untuk menonton siaran lokal, maka TV LED biasa bisa menjadi pilihan. Tapi, kalau kamu perlu TV yang bisa terhubung ke internet untuk mengakses berbagai aplikasi streaming favoritmu, maka Smart TV adalah pilihan yang tepat.

Selain dari sisi fungsi, tentukan juga ukuran TV berdasarkan lokasi tempatnya akan diletakkan. Kalau ruangan nggak terlalu besar, maka pilih TV ukuran standar seperti 32 inch.

Begitu juga dengan budgetnya. Sesuaikan harga TV yang mau kamu beli dengan kapasitas finansial kamu sekarang. Misalnya, kamu cuma bisa bayar cicilan sebesar Rp 500 ribu per bulan selama 6 bulan. Maka, harga TV yang bisa kamu pilih berkisar mulai Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan maksimum.

Keempat: cari TV di merchant rekanan Kredivo

Kredivo menjalin kerja sama dengan banyak sekali merchant, baik itu online atau offline. Untuk merchant online, kamu bisa mencari TV yang diinginkan di e-commerce seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dan Shopee. Untuk merchant offline, ada Electronic City, salah satu toko yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Kalau beli di online, maka proses pembayaran pakai Kredivo bisa langsung di halaman pembayaran. Sementara kalau beli di toko, proses pembayaran dan cicilan bisa dilakukan secara langsung dengan fitur QR Code dari aplikasi Kredivo dan panduan yang diberikan di kasir.

Kelima: lakukan transaksi & pilih tenor cicilan dengan Kredivo

Ada dua opsi cicilan yang bisa kamu pilih jika menggunakan Kredivo untuk cicilan TV, yaitu:

  1. Cicilan 0% dengan tenor maksimum 3 bulan.
  2. Cicilan 6 – 12 bulan dengan bunga mulai dari 1.99% aja.

Pilih salah satu opsi cicilan tersebut dan periksa simulasi cicilan yang ditampilkan sebelum melanjutkan transaksi. Lalu, tunggu hingga transaksimu berhasil.