Inilah 5 Hal Penting yang Harus Dicantumkan Dalam Cover Letter

Premium Photo | Side view woman working on laptop | Work from home jobs,  Working from home, Remote work

Ketika Anda sedang melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, Anda perlu memperhatikan berbagai berkas yang harus dipersiapkan. Seperti cover letter yang sangat penting dan harus disiapkan dengan baik dan benar sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Adapun beberapa hal yang harus Anda cantukan ke dalam cover letter yang tidak boleh dibuat secara asal-asalan dan perlu ketelitian. Berikut ini terdapat 5 hal yang harus Anda cantukan saat membuat cover letter untuk melamar kerja, yaitu:

  1. Tulis dengan Singkat

Ada baiknya saat membuat cover letter yang ditujukan kepada perusahaan, Anda tidak perlu membuatnya terlalu panjang, melainkan buatlah sesingkat mungkin. Anda bisa mulai dengan bagaimana Anda sebagai pelamar bisa mengetahui adanya lowongan kerja di perusahaan yang dituju.

Selain itu, Anda bisa tambahkan alasan mengetahui lowongan pekerjaan dengan singkat dan jelas. Mengapa harus singkat? Karena para rekruter tidak memiliki banyak waktu untuk membaca cover letter Anda yang panjang, serta pelamar ke perusahaan juga bukan hanya Anda saja.

  1. Berikan Alasan Ketertarikan Pada Posisi yang Dilamar

Selanjutnya Anda harus memberikan alasan apa saja yang membuat Anda tertarik untuk melampirkan lamaran di posisi yang tersedia di perusahaan. Saat menjelaskan bagian ini, Anda bisa kaitkan dengan kemampuan dan kualifikasi yang Anda miliki.

Sehingga dapat terlihat apakah kemampuan dan kualifikasi Anda cocok dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan.

  1. Alasan Kenapa Anda Cocok dengan Posisi yang Tersedia

Anda perlu menjelaskan alasan Anda merupakan kandidat yang tepat dan cocok untuk posisi yang tersedia dalam perusahaan. Dalam bagian ini, Anda tidak perlu melebih-lebihkan kemampuan Anda, Anda hanya perlu sesuaikan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, Anda juga bisa sesuaikan dengan syarat yang tertera saat sedang melamar pekerjaan dan jelaskan ke pihak perusahaan. Hal ini bisa menjadi daya tarik bagi rekruter terhadap pelamar.

  1. Jelaskan Mengenai Kemampuan yang Anda Miliki

Anda perlu menjelaskan tentang kemampuan yang Anda miliki dan seberapa membantunya kemampuan tersebut untuk perusahaan yang Anda lamar. Anda juga bisa menjelaskan kontribusi yang dapat anda berikan sebagai pekerja kepada perusaahn dengan menggunakan kemampuan tersebut.

Jadi, sangat penting untuk melamar ke perusahaan dengan kemampuan yang sesuai dengan apa yang Anda miliki, sehingga tidak bertentangan dengan keinginan perusahaan. Jika Anda tidak bisa mengkaitkan kemampuan dengan apa yang diinginkan perusahaan, maka akan sulit saat melamar kerja.

  1. Cantumkan Kontak Pribadi

Selanjutnya Anda perlu cantumkan nomor telepon dan e-mail aktif agar ketika rekruter tertarik untuk melakukan wawancara maka bisa langsung dihubungi. Pastikan juga Anda selalu melakukan pemeriksaan e-mail agar tidak terlewatkan.

Anda bisa cantumkan keduanya di akhir paragraf pada cover letter. Usahakan Anda menggunakan alamat e-mail yang formal dan khusus untuk pekerjaan, bukan yang menggunakan nama e-mail tidak jelas.

Cover letter emamng sangat penting dalam melamar kerja, karena digunakan sebagai surat pengantar yang ditujukan kepada perusahaan. Jadi, sebisa mungkin Anda membuat cover letter yang menarik agar rekruter memiliki ketertarikan untuk membaca cover letter Anda lebih mendalam.

Itulah ulasan mengenai hal penting yang harus Anda cantumkan dalam cover letter agar bisa menarik perhatian rekruter di perusahaan. Apakah Anda sudah paham mengenai pembuatan cover letter untuk melamar kerja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *