Pentingnya Fokus Pada Kualitas Lingkungan Kerja

Pentingnya Fokus Pada Kualitas Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang aman dan sehat tentunya dapat membantu karyawan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melaksanakan pekerjaannya. Sebaliknya, jika lingkungan kerja tidak tertata dengan baik, banyak faktor yang merugikan, karyawan akan memberikan pengaruh buruk pada pekerjaan. Di dalamnya terdapat risiko seperti risiko penyakit, penurunan efisiensi kerja dan kerugian bagi pelaku usaha.

Memperhatikan Lingkungan Kerja Perusahaan

Pada dasarnya, setiap perusahaan harus berjuang untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kondisi kerja. Namun, berbanding terbalik dengan kenyataan, masih banyak perusahaan yang mengabaikannya karena masalah keuangan yang cukup besar. Menurut informasi yang diperoleh dari International Labour Organization (ILO), setiap tahun terjadi lebih dari 250 juta kecelakaan kerja di tanah air dan tidak kurang dari 160 juta pekerja jatuh sakit akibat risiko di tempat kerja.

Selain itu, 1,2 juta pekerja meninggal karena kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Jumlah ini tentunya dapat menyadarkan kita akan pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman. Dari perspektif ekonomi, dapat diperkirakan bahwa kerugian tahunan akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh lingkungan kerja di beberapa negara dapat mencapai 4% dari produk nasional bruto (GNP).

Terlepas dari tempat kerja, keselamatan dan kesehatan di tempat kerja merupakan hak mutlak yang harus dimiliki pekerja. Selain menjaga lingkungan kerja yang aman dan sehat, perusahaan juga harus mensosialisasikan kepada pekerjanya agar memiliki pengetahuan dasar tentang keselamatan kerja untuk menghindari bahaya yang ada. Dan juga dibarengi dengan kesadaran individu karyawan untuk mengingat dan menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.

Gaya Pola Hidup Sehat di Lingkungan Kerja

Karyawan adalah aset yang paling berharga. Kesehatan yang buruk di tempat kerja dan di masyarakat sekitar tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, menciptakan nilai bersama dalam hal ini dimulai dengan mengembangkan budaya perusahaan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan karyawan seperti yang diterapkan pada perusahaan Nestlé.

Nestlé membantu karyawan bertindak untuk kesehatan dan kebahagiaan mereka sendiri dan memberikan contoh bagi keluarga dan komunitas mereka. Dengan mengusung tema “Sehat Dimulai Darimu”, Nestlé juga melakukan serangkaian kegiatan di tempat kerja dengan fokus pada peningkatan pengetahuan gizi dan kesehatan serta mendorong karyawan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Di bidang nutrisi, Nestlé mengadakan serangkaian seminar nutrisi yang diselenggarakan oleh ahli gizi.

Di sini Nestlé memperkenalkan kursus pelatihan Nutrition Quotient (NQ), untuk memastikan bahwa setiap karyawan tidak hanya memiliki pengetahuan penuh tentang nutrisi tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki kehidupan yang baik dalam mendukung lingkungan kerja.

Berbekal pengetahuan ini dan gaya hidup sehat, Nestlé mampu lebih meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa Nestlé dan seluruh karyawannya memahami arti sebenarnya dari nutrisi dan kesehatan.