Bagaimana Gen Media Network Menyokong Kebiasaan Pembaca di Era Digital

Bagaimana Gen Media Network Menyokong Kebiasaan Pembaca di Era Digital

Gen Media Network – Seperti yang diketahui, era digital telah mengubah kebiasaan membaca masyarakat umum. Sekarang, orang-orang lebih suka membaca lewat ponsel atau laptop.

Hal serupa juga ditemukan dalam konsumsi media, di mana kebanyakan orang lebih menyukai membaca berita online ketimbang koran cetak.

Tak heran kalau new media semakin banyak di era ini, di mana salah satunya adalah Gen Media Network.

Saat membuka portal genmedianetwork.com, pembaca bisa langsung menemukan headline atau mencari berita lain yang relevan di hari itu.

Pembaca juga bisa membaca berita dan artikel tertentu di sub-portal Gen Media Network, misalnya tentang gaya hidup di lifestyle.genmedianetwork.com atau olahraga di sport.genmedianetwork.com.

Terlepas dari eksistensi new media, kita juga harus mengetahui beberapa unsur yang bisa dijadikan tolok ukur bagi peningkatan minat baca di era digital ini.

Setidaknya ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, yaitu:

Esensi membaca

Pada dasarnya, membaca adalah kemampuan berbahasa melalui pemahaman teks dengan tujuan untuk memperoleh informasi, menambah pengetahuan, hiburan, atau pengembangan diri.

Jadi, sangat penting untuk menganalisis bahan bacaan, sumber, media, dan tujuan membaca.

Dalam hal ini, media memiliki peran penting dalam memberikan bahan bacaan yang berkualitas dari sumber terpercaya.

Ini senada dengan tujuan Gen Media Network yang menyajikan berita terpercaya dan akurat tak hanya di portal beritanya melaikan di beragam sosial media seperti Instagram dan TikTok.

Evolusi Teknologi

Masyarakat Indonesia lahir dengan tradisi lisan, di mana kita sangat akrab dengan cerita rakyat dan dongeng sejak lahir.

Namun kebiasaan ini mulai berubah ketika munculnya media digital.

Sekarang, akses buku menjadi jauh lebih mudah dengan tersedianya layanan digital dan e-book. Kemudian, perpustakaan digital pun semakin berkembang.

Pemabca cenderung mendapatkan informasi dari berbagai sumber lebih cepat dari sebelumnya.

Dalam hal ini, penyebaran bahan bacaan khususnya berita perlu diawasi dan disaring lagi demi mengurangi misinformasi dan hoaks.

Karakteristik Pembaca di Era Digital

Karakteristik pembaca telah berubah seiring dengan perkembangan tekonologi. Pembaca saat ini, khususnya generasi digital native, cenderung selalu online.

Mereka ingin mendapatkan informasi dari berbagai sumber dalam bentuk multimedia dengan segera.

Di sisi lain, mereka juga senang berinteraksi secara real time dan membuat konten tanpa batas.

Ini pada akhirnya mempengaruhi kebutuhan dan perilaku mencerna bacaan.

Sebagai new media, Gen Media Network telah memberikan konten-konten berita terbaru yang tentunya lebih mudah dicerna di beberapa akun sosial media mereka.

Perilaku Membaca di Era Digital

Sekarang, setiap orang dapat menghasilkan informasi, di mana distribusi informasi sangat cepat dan serentak.

Hari ini, orang membaca sepanjang waktu, baik membaca konten web, konten berita, feed berita di media sosial, e-book, email, dll.

Di satu sisi, orang cenderung melakukan sesuatu dengan cepat, sehingga mereka membaca isinya secara singkat tanpa perhatian lebih.

Singkatnya, orang lebih suka melakukan scanning pada bahan bacaan ketimbang membaca keseluruhan isinya.

Membaca sebagai Kegiatan Sosial

Pertumbuhan media sosial telah mempengaruhi proses distribusi pesan dan pola komunikasi, di mana membaca turut menjadi aktivitas sosial.

Sekarang orang-orang menggunakan media sosial untuk berbagi bahan bacaan, mendiskusikannya, dan bahkan menghasilkan konten baru darinya.

Mengingat perubahan perilaku membaca ini, penting bagi kita untuk mendapatkan konten berita yang kredibel pula.