Makanan Kucing: 6 Tips Memilih yang Sehat dan Aman

Makanan Kucing: 6 Tips Memilih yang Sehat dan Aman

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memelihara kucing. Salah satunya harus bisa memilih makanan kucing agar asupan gizi tercukupi.

Oleh karena itu, memilih makanannya tidak boleh sembarangan. Alih-alih menyehatkan, jika salah pilih justru akan memberi dampak buruk pada kucing.

Tips Memilih Makanan Kucing

Makanan kucing kini telah tersedia banyak di pasaran. Baik itu untuk makanan kering, makanan basah maupun makanan cair.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih makanan untuk peliharaan berbulu, antara lain:

Perhatikan Nutrisi Dasar

Hal yang harus Anda perhatikan di awal adalah kandungan nutrisi dasar yang diperlukan agar kucing tetap sehat.

Nutrisi penting yang diperlukan oleh kucing, mulai dari protein, taurin, vitamin, mineral, enzim, asam lemak dan air. Kucing sebetulnya tidak membutuhkan karbohidrat.

Pilihan Makanan Basah atau Kering

Sejumlah ahli gizi berpendapat bahwa kucing perlu mengkonsumsi makanan basah maupun kering. Meskipun makanan kering lebih praktis untuk semua jenis kucing, namun makanan basah juga penting karena kandungan air di dalamnya.

Sebab banyak kucing yang minum tidak teratur. Selain itu, pemberian makanan yang sama akan membuat kucing bosan. Sehingga perlu variasi makanan secara teratur dengan cara merotasi antara makanan kering dan basah.

Perhatikan alergi

Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa mengalami alergi. Sehingga, Anda perlu memperhatikan pemberian makanan.

Meskipun terbilang jarang mengalami alergi, namun Anda sebagai pemilik harus tetap mewaspadainya. Apalagi jika kucing peliharaan pernah menunjukkan gejala alergi

Kucing kecanduan

Kucing bisa saja kecanduan terhadap merek tertentu jika diberikan tanpa adanya pilihan lain. Jika hal ini sampai terjadi, maka akan sulit untuk menghentikannya, akan tetapi kecanduan pada kucing bisa dihindari sejak dini. Anda harus memberikan makanan beragam kepada kucing.

Waspada makanan kucing murah

Seiring dengan tingginya kepedulian terhadap kucing, jenis banyak bermunculan makanan kucing yang dijual murah di pasaran. Selain itu, makanan dengan harga murah seringkali menjadi pilihan untuk menekan biaya.

Sebagai pemilik kucing Anda harus tetap waspada ketika memilih makanan. Sebab makanan kucing umumnya dua kali lipat lebih banyak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain itu, kualitas makanan dengan harga murah bukan berarti tidak memunculkan masalah. Bisa saja terjadi gangguan pencernaan dan gangguan saluran kencing pada kucing.

Perhatikan kemasan

Pemilihan makanan yang mengandung gizi lengkap dan seimbang sangat baik untuk peliharaan Anda. Selain itu, kenali beberapa kandungan yang tertera pada kemasan.

Misalnya saja sumber protein secara spesifik tertulis bukan hanya daging melainkan menjelaskan daging ayam, kalkun, kambing. Untuk produk makanan basah kalengan sumber protein harus disebutkan paling awal pada keterangan komposisi.

Selain itu, Anda juga harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan makanan

Pemilihan makanan kucing yang tepat akan membantu menjaga kesehatan peliharaan Anda.