Serba-Serbi Semaphore

Serba-Serbi Semaphore yang Wajib Dipahami Bagi Seorang Pramuka Sejati

Bagi anak pramuka pastinya sudah tahu dengan yang namanya semaphore. Semaphore ini memang lekat kaitannya dengan kegiatan pramuka. Umumnya, semaphore akan ditemui pada saat masih duduk di bangku SD sampai dengan SMP.

 

Lantas, Apa Itu Semaphore?

Dikutip dari salah satu artikel Sampoerna Academy, Semaphore adalah metode yang dijadikan sebagai penandaan atau kode yang berbentuk lampu atau bendera. Di mana, setiap gerakannya melambangkan kode atau isyarat maupun angka. Nah, lambang-lambang tersebut yang dikenal dengan sebutan semaphore.

Biasanya semaphore menggunakan dua bendera yang digerakkan melalui dua tangan kiri dan kanan untuk memberikan sinyal suatu pesan. Untuk alat yang digunakan cukup bervariasi, mulai dari bendera, tangan kosong, ataupun batang pohon. Gerakan-gerakannya pun dilakukan sesuai dengan panduannya.

Serba-Serbi Semaphore

Bagaimana Sejarah Semaphore?

Semaphore diciptakan pada tahun 1970 oleh seorang insinyur sekaligus pendeta asal Prancis bernama Claude Chappe. Tujuan penciptaannya adalah untuk kepentingan komunikasi militer, terutama dalam komunikasi jarak jauh. Nah, pada saat itu semaphore tidak menggunakan bendera, namun menggunakan kayu berukuran besar yang bentuknya seperti tangan.

Kayu-kayu tersebut akan dipasang di atas menara-menara tinggi yang berjarak 5-10 mil atau sekitar 160 km antara menara satu dengan menara lain. Pada setiap menara ditempatkan sinyal sebagai operator. Selain itu, terdapat teleskop sebagai alat bantu untuk melihat pesan tersebut yang dikirim dari jarak jauh.

Pada abad 19 metode ini banyak dipakai sebagai metode komunikasi antar kapal. Nah, dari sinilah penggunaan bendera semaphore mulai digunakan. Meskipun teknologi telepon dan radio sudah ada pada perang dunia pertama, namun semaphore masih digunakan sebagai komunikasi. Hal ini lantaran semaphore tidak bisa dibajak ataupun disadap.

 

Seperti Apa Bendera Semaphore?

Umumnya, bendera semaphore terdiri dari 2 warna yaitu kuning dan merah. Kedua warna ini digunakan karena merupakan warna yang kontras dan cerah. Dengan begitu, dapat dilihat dengan jelas dari jarak yang cukup jauh. Pada ujung bendera, terdapat tali yang berfungsi untuk mengikatkan bendera pada kayu tersebut.

Nah, bendera semaphore ini digunakan untuk membuat sinyal suatu pesan secara visual melalui gerakan dua tangan. Cara mengirim pesan dengan metode ini sudah ada sebelum ditemukannya telegraf (1794). Ukuran dari bendera semaphore tidak terlalu besar dan berbentuk persegi panjang dengan lebar dan panjang masing-masing 45 centimeter.

Bendera terdiri dari dua warna, yaitu merah dan kuning yang mana bentuk segitiga berwarna kuning dijahit secara diagonal dengan segitiga berwarna merah. Sehingga, menjadi satu kesatuan berbentuk persegi. Di mana, warna merah berada di atas dan warna kuning ada di bawahnya.

 

Apa Fungsi Semaphore?

Semaphore berfungsi untuk mengirimkan dan menerima sinyal atau informasi dari jarak jauh. Penyampaian tersebut dilakukan dengan menggunakan media bendera yang berjumlah 2. Gerakan yang dilakukan pun sesuai dengan kaidah semaphore.

 

Apa Manfaat Semaphore?

Canadian War Museum menyatakan bahwa bendera semapur memiliki banyak manfaat, khususnya untuk komunikasi jarak jauh. Adanya semaphore ini membuat seseorang bisa mengirimkan sinyal dengan cepat tanpa harus mengirim manusia. Mengingat, di masa perang keluar secara sembarangan sangat membahayakan nyawa.

Selain itu, manfaat semaphore juga diterapkan dalam ekstrakurikuler pramuka. Di mana, metode ini juga diajarkan dan wajib dihafalkan oleh seluruh anggota. Dengan harapan agar para anggota pramuka tetap bisa melakukan komunikasi dari jarak yang jauh. Meskipun sedang berkemah di tempat yang susah sinyal, seperti di desa terpencil atau pegunungan.

 

Gerakan Semaphore dan Contohnya

Nah, gerakan bendera semaphore terdiri dari 30 formasi. Di mana, masing-masing gerakan dapat melambangkan huruf, angka atau sebuah isyarat. Agar mudah paham dengan gerakan semaphore ini yakni dengan memahami prinsip arah perputaran jarum Jam. Hal ini karena gerakan semaphore bergeser secara perlahan sesuai dengan arah putaran jarum jam.

Metode termudah menghafalkan gerakan semaphore adalah dengan membayangkan sebagai pengirim pesan tersebut. Bendera semaphore mengirimkan pesan dengan cara kedua tangan memegang bendera dan melakukan gerakan semaphore. Nah, di setiap gerakan mewakili 26 huruf abjad standar dan pengirim mengeja setiap kata dari pesan tersebut.

Ada aturan baku dalam tata cara mengirim pesan semaphore, yakni sebagai berikut:

  • Jika pengirim pesan memberikan kode huruf U-R secara berulang-ulang, tandanya bahwa pesan akan segera dikirimkan.
  • Simbol huruf K pada semaphore menandakan bahwa penerima pesan telah siap untuk menerima pesan tersebut. Akan tetapi, jika penerima pesan belum siap maka bisa mengirim simbol huruf Q.
  • Apabila si penerima telah siap, maka pengirim akan mengirimkan huruf satu per satu kepada penerima pesan. Nah, untuk memisahkan kata, posisi bendera dipegang dengan cara menyilangkan kedua bendera di bawah.
  • Apabila terjadi kesalahan dalam mengirim sebuah pesan, maka kirimkan simbol huruf E sebanyak 8 kali berturut-turut.
  • Bila setiap perkataan yang dikirimkan oleh pengirim telah diterima dengan baik, maka penerima pesan dapat mengirimkan simbol huruf C.
  • Bila penerima pesan mengirimkan simbol huruf I-M-I dirangkai, maka artinya penerima pesan meminta kata terakhir diulang. Nah, ulangilah kembali mengirim kata terakhir tersebut sebelum meneruskan kata-kata selanjutnya.
  • Apabila telah selesai mengirim, maka akan ada simbol huruf A-R dari pengirim pesan. Tunggulah sampai penerima pesan mengirim huruf R yang artinya berita telah diterima.

 

Kesimpulan

Semaphore merupakan sebuah metode yang telah digunakan sejak perang dunia pertama sebagai alat komunikasi jarak jauh. Semaphore kini juga digunakan sebagai alat komunikasi antar anggota pramuka ketika berkemah di tempat yang tidak ada sinyal. Selain itu, bendera semaphore memiliki 2 warna yaitu merah dan kuning.

Bagaimana, sudah paham kan dengan semaphore ini? Nah, bagi kamu yang aktif di organisasi pramuka pastinya semaphore akan menjadi segala bagian dari kegiatanmu. Sekian penjelasan kali ini dan semoga bisa membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *